Menentukan Bentuk Segitiga Dengan Java
Segitiga atau segi tiga adalah nama suatu bentuk yang dibuat dari tiga sisi yang berupa garis lurus dan tiga sudut. Matematikawan Euclid yang hidup sekitar tahun 300 SM menemukan bahwa jumlah ketiga sudut di suatu segi tiga adalah 180 derajat. Hal ini memungkinkan kita menghitung besarnya salah satu sudut bila dua sudut lainnya sudah diketahui.(wiki).
klasifikasi segitiga menurut panjang sisinya dapat di bagi menjadi tiga yaitu
- Segitiga sama sisi (bahasa Inggris: equilateral triangle) adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Sebagai akibatnya semua sudutnya juga sama besar, yaitu 60o.
- Segitiga sama kaki (bahasa Inggris: isoceles triangle) adalah segitiga yang dua dari tiga sisinya sama panjang. Segitiga ini memiliki dua sudut yang sama besar.
- Segitiga sembarang (bahasa Inggris: scalene triangle) adalah segitiga yang ketiga sisinya berbeda panjangnya. Besar semua sudutnya juga berbeda.
Dalam pemrograman kita dapat menentukan klasifikasi segitiga tersebut dengan berbagai bahasa pemrograman terutama pemrograman dengan JAVA. Dalam java untuk menentukan jenis segitiga tersebut dapat menggunakan program seperti dibawah ini:
import javax.swing.JOptionPane;//digunakan saat kita menginginkan bentuk visual dengan java
public class sgitiga {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
String sisi1;
String sisi2;
String sisi3;
int a;
int b;
int c;
sisi1 = JOptionPane.showInputDialog("Masukan sisi 1:");
//menginput nilai menggunakan bentuk visual
sisi2 = JOptionPane.showInputDialog("Masukan sisi 2");
sisi3 = JOptionPane.showInputDialog("Masukan sisi 3");
a = Integer.parseInt(sisi1);//merubah string menjadi integer
b = Integer.parseInt(sisi2);
c = Integer.parseInt(sisi3);
if (a==b && a==c && c==b){
//jika besar a sama dengan b dan besar a sama dengan c dan besar c sama
//dengan b maka segitiga tersebut segitiga sama sisi
JOptionPane.showMessageDialog(null,"segitiga sama sisi");
}
else if(a!=b && a!=c && c!=b){
//jika besar a tidak sama dengan b dan a tidak sama dengan c dan c tidak sama
//dengan b maka segitiga tersebut segitiga sembarang
JOptionPane.showMessageDialog(null,"segitiga sembarang");
}
else
//jika angka yang di masukan tidak sesuai dengan kondisi diatas maka
//segitiga tersebut segitiga sama kaki
{ JOptionPane.showMessageDialog(null,"segitiga sama kaki");}
}
}
//=======================STOP========================
download source
Label: Programming
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda